Senin, 26 Oktober 2009

SMA NEGERI 2 BANTAENG ANTARA VISI , MISI , DAN LOGO SEBUAH KESATUAN MENUJU KONFIGURASI SUMBER DAYA MANUSIA KAB . BANTAENG

SMA NEGERI 2 BANTAENG ANTARA VISI , MISI , DAN LOGO SEBUAH KESATUAN MENUJU KONFIGURASI SUMBER DAYA MANUSIA

KAB . BANTAENG

Oleh

ZAENUDDIN KABAI


A . Latar Belakang masalah

Perkembangan ilmu pengetahuan dan tekhnolog senantiasa menuntut jawaban dari kreatifitas dan inovasi setiap insan .Sekalipun teknologi tidak akan mungkin lahir tanpa kreasi dari ummat manusia itu sendiri . Begitu pula setiap lembaga yang memiliki logo atau lambang memerlukan suatu penafsiran tertentu sesuai dengan makna yang terkandung dalam setiap warna ,bentuk , dan tanda –tanda yang terdapat didalamnya .

SMA NEG. 2 Bantaeng . Jika dari sudut geografis berada pada pusat kota Kab.Bantaeng . Bahkan hanya kurang lebih 600 meter dari rumah jabatan Bupati Bantaeng .Tidak sedikit berita yang menyudutkanya , sekalipun prestasi yang diukir baik ditingkat lokal,regional, maupun tingkat nasional telah mewarnai setiap lngkah .

Sebagai sekolah dengan visi : candradimuka generasi muda demi terwujudnya insan madani , cerdas , makarya dan imani . Maka ketika dijabarkan satu persatu akan terukir sebagai berikut : Candradmuka dalam kegiatan keagamaan , dalam peningkatan disiplin , peningkatan NEM , dalam persaingan masuk perguruan tinggi negeri dan SMPTN, Begitupula candradimuka dalam prestasi olah raga . Karenanya tidaklah mengherankan apabila dalam perjalanannya diwarnai oleh berbagai julukan baik negatif maupun positif dari pihak eksternal sekolah . Bahkan sampai pada julukan sebagai sebuah bengkel .Terbukti sekolah ini sejak tahun 1993 mulai menamatkan siswa didalamnya ada diantaranya – siswa yang dianggap gagal dari sekolah lain di candradimukakan di SMAN 2 Bantaeng sampai mereka berhasil .

Memang untuk mencapainya tidaklah semudah membalikkan telapak tangan . Sebab seluruh kompenen sekolah tidak boleh tidak - harus ikut terlibat didalamnya .Terutama dalam rangka untuk (1) menumbuhkan penghayatan terhadap ajaran agama yang dianut , maupun terhadap budaya bangsa sehingga menjadi sumber kearifan dalam bertindak baik secara pribadi maupun sebagai anggota masyarakat ,(2) memanfaatkan waktu secara efektif untuk meningkatkan sikap disiplin secara menyeluruh ,(3) mengoptimalkan potensi siswa dalam melaksanakan pembelajaran , baik secara individu maupun melalui bimbingan guru ,(4) menjalin kerja sama dengan perguruan tinggi , baik negeri maupun swasta ,organisasi kemahasiswaan , dan masyarakat melalui berbagai layanan bimbingan belajar agar siswa dapat berkompetisi masuk PTN dan SPMB,(5) mendorong dan membantu siswa untuk mengembangkan bakat dan minat dalam rangka terwujudnya siswa berprestasi secara optimal .

Oleh karena itu tidaklah berlebihan manakala dirumuskan sebuah gambar (LOGO) yang akan dijadikan salah satu ciri khusus bagi SMAN 02 Bantaeng. Logo SMA Neg . 2 Bantaeng terdiri 9 (sembilan) ciri yakni : (1) sudut luar terdiri dari 5 sudut ,(2)warna latar kuning emas ,(3) obor sedang menyala 2 batang,(4) sayap garuda terdiri dari 5 lembar kiri dan kanan berwarna biru , (5) buku tulis sedang terbuka ,(6) pena yang sedang siap dipakai untuk menulis,(7) menara yang terdiri dari tiga tingkat ,(8) kuba berwarna hijau ,(9)Dipuncak menara terdapat bulan bintang .

Menyadari kesemuanya itu , untuk mempersatukan langkah demi terwujudnya cita-cita yang menjadi orientasi sekolah ini , maka diperlukan suatu konsep yang akan dijadikan , disatu sisi sebagai acuan dalam rangka menjawab pertanyaan dari manapun datangnya , pada sisi lainnya sebagai pendorong untuk melangkah lebih cepat untuk menuai prestasi . Disadari atau tidak , bahwa segala sesuatu sekalipun bermakna jika kita tidak mengetahui makna yang terkandung didalamnya maka kebermaknaan tersebut tidak punya arti bagi

pemiliknya . Sehingga keberadaanya tidak bisa dijadikan sebagai motivasi untuk ber kreasi dan berinovasi dalam setiap tindakan positif yang konstruktif.

B . Makna Setiap Ciri LOGO SMADA Bantaeng

Berdasar dari uraian dimuka maka makna dari setiap cirinya adalah :

1 .Sudut luar terdiri dari 5 sudut melambangkan bahwa segala aktifitas sekolah ini tidak terlepas dari pancasila

2 . Warna latar kuning emas suatu pertanda bahwa alumni sekolah ini diterima oleh semua kalangan ,dan mendapat tempat terhormat karena prestasinya .

3 . Obor yang sedang menyala sebagai simbol dari semangat yang menyala untuk berjuang baik untuk kepentingan pribadinya maupun orang banyak atau bangsa dan negara .

4 . Sayap garuda terdiri dari 5 lembar kiri dan kanan dengan warna biru suatu pertanda bahwa bagian kanan melambangkan indikator VISI SMADA terdiri dari 5 poin , sedangkan bagian kiri sebagai simbol dari misi sekolah ini .

5 . Buku tulis sedang terbuka , suatu pertanda bahwa sekolah ini siap mewarnai anak didiknya dengan ilmu yang bermanfaat bagi seluruh sendi kehidupan , dan bukan ilmu yang akan mematikan seluruh sendi – sendi kehidupan .

6 . Pena melambangkan sebuah alat tulis yang siap untuk dipakai menulis , sebagai isyarat bahwa setiap kompenen sekolah siap untuk berkarya , belajar , dan membelajarkan dirinya .

7 . Menara dengan tiga tingkat melambangkan tiga rana dalam penilaian yakni : kognitif , afektif ,dan psikomotor

8 . Kuba berwarna hijau cinta kesuburan , kerindangan

9 . Bulan bintang sebagai sembol keimanan,dan ketaqwaan terhadap tuhan yang maha Esa .


C . PENUTUP

Kebermaknaan sesuatu akan berarti manakala dimaknai oleh kompenen dari pada satuan kerja . Kapan tidak - maka bukanlah pertanda ciri khusus sebuah lembaga . Bahkan tidak bisa dijadikan sebagai salah satu simbol persatuan untuk melakukan aktivitas menuju kofigurasi SDM Kab . Bantaeng

Tidak ada komentar:

Posting Komentar